Jumat, 10 April 2009

TAMAN WISATA BOTANI JEMBER

Taman wisata BOTANI di Jalan Mujahir Kecamatan Sukorambi, merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Jember. Memang belum begitu populer dan bahkan mungkin belum menjadi tempat tujuan wisata yang diunggulkan, tetapi bagi masyarakat Jember Botani bisa dijadikan alternatif untuk rekreasi yang cukup mengasyikkan.

Ketika kita refresing ke tempat wisata, sebetulnya apa yang kita inginkan ? Apakah ketika pulang kerumah kondisi kita kembali fresh, segar bugar, fisik maupun fikiran. Mungkin ingin mendapatkan pengetahuan dan pengalaman. Atau ingin bermain bersenang-senang, makan-makan dan minum bergurau dengan teman sepertinya disini ada semua.

Ditinjau dari tempatnya, tidak jauh dari pusat kota Jember hanya perjalanan kira-kira seperempat atau setengah jam nyampai, sehingga tidak terlalu payah dalam perjalanan dan tidak perlu ongkos transportasi mahal-mahal. Harga Tiket masuk Rp 7.000,00 per orang. Kalau ingin lebih irit dan asyik boleh bawa tikar dan bawa bekal dari rumah untuk makan sekeluarga. Dari segi keamanan dalam perjalanan menuju ketempat itu dan ketika dilokasi taman wisata itu cukup aman dan tidak sulit untuk dijangkau.

Begitu kita masuk tempat parkirnya lumayan luas dan teduh di rerumputan serta dinaungi pohon-pohon pelindung. Dari tempat parkir kendaraan jalan kaki sebentar dijalan kembar yang tidak beraspal tetapi jalan tanah batu kapur cukup halus dan berhias tanaman Pohon-pohon Palm Raja atau Palm besar atau kalau didesaku nun jauh disana disebut Pohon Jambendawe. Sesekali kalau kita, jalan bersalipan dengan Tosa yang berfungsi sebagai angkutan penumpang untuk turun ke lokasi permainan yang tempatnya dibawah, angkutan peralatan, barang dagangan kafe dan ransum konsumsi untuk petugas.

Sebelum turun ketempat permainan dapat kita lihat dulu rambu-rambu petunjuk dan info tentang jenis permainan atau vasilitas yang disediakan adalah Kolam renang (dewasa, anak, pelangi), Arena bermain Futsal, Permainan air atau kano, Out Bond untuk anak-anak. Berbagai pepohonan ditanam disana masing-masing diberi label nama pohon, tentu saja masih terbatas tidak selengkap kebun raya Bogor atau kebun raya Purwodadi Malang. Ada beberapa binatang disana tidak sebesar kebon binatang di surabaya atau taman safari di Kab Pasuruan.

Untuk menuju kebawah, bagi yang kuat jalan dan ingin sedikit olah raga melalu tangga beton yang berkelok-kelok sebanyak 161 undakan. Atau anda dapat berjalan di jalan beraspal yang biasanya digunakan jalan Tossa, gratis dan ditanggung tambah sehat. Bagi yang malas jalan dan memang tidak kuat jalan, boleh naik Tossa dengan membayar Rp 6.000 perorang, sekali jalan Tossa bisa mengangkut kurang lebih 3 orang dewasa atau lebih bila anak-anak. Ingin yang sedikit menantang keberanian, boleh juga naik Flying Fox dengan membayar Rp 15.000,00 perorang.

Ketika saya dan keluarga berkunjung kesana, bertemu rombongan para siswa SMP diantar oleh guru pembimbingnya sedang kegiatan pengenalan lingkungan atau praktek Biologi atau mungkin ada kaitannya dengan tugas pelajaran IPA. Mereka secara berkelompok memperhatikan pepohonan dan mencatat lalu sebagian diskusi dengan guru pembingnya sambil duduk melingkar di salah satu bangunan yang disediakan memang untuk itu.

Apa yang kurang disini menurut saya adalah tempat duduk santai bagi pengunjung sedikit sekali, utamanya di sekitar kolam renang. Locker untuk menyimpan pakaian atau barang bawaan, gara-gara tidak adanya locker ini terpaksa salah satu dari kami terpaksa harus menunggu pakaian dan barang bawaan ketika yang lain sedang renang. Beberapa pengunjung yang renang dikolam renang kurang mematuhi peraturan, misal laki-laki harus memakai celana pendek dan tidak memakai kaos oblong maupun singlet, tidak dipatuhi. Ada pengunjung yang memekai celana panjang pakai kaos dan pakai sepatu nyebur aja kekolam. Hal begini menganggu orang lain, untung petugas cepat menghampiri dan memperingatkan mereka untuk membuka celana panjang dan kaosnya.

Seperti saya katakan diawal tulisan ini bahwa tempat wisata ini masih baru dan diupayakan untuk berkembang, sehingga masih kurang disana sini wajarlah. Tetapi Insya Allah tidak begitu mengecewakan sebagai tempat rekreasi dan studi, dekat, murah dan meriah.(snt)


2 komentar:

Duniafien mengatakan...

waah..nanti kalo pulkam k jbr mampir kesana ah..seruw tuh kayaknya pak...

Riady mengatakan...

serunya liburan keluarga